Tips Dapur Higienis Dan Aman

Tips Dapur Higienis dan Aman Didalam sebuah rumah dapur memegang peranan yang sangat penting, sebab ditempat inilah asupan makanan untuk seluruh anggota keluarga dioleh dan kemudian disajikan. Oleh sebab itu dapur harus dijaga agar tetap higienis dan aman untuk digunakan.

Dapur yang tidak higienis akan memudahkan pertumbuhan virus dan bakteri yang dapat meracuni makanan dan mempengaruhi kesehatan seluruh anggota keluarga, selain itu keamanan di dapur juga penting untuk dijaga karena bisa mengancam keselamatan jiwa penggunanya, karena terdapat bahan bakar untuk memasak seperti gas dan peralatan masak seperti pisau, gunting dan barang pecah belah. Oleh karena itu, sebaiknya anda perhatikan tips untuk memperoleh dapur higienis dan aman berikut ini:

1. Kebersihan

Kebersihan merupakan kunci utama agar dapur higienis, pembersihan peralatan dapur setiap kali selesai digunakan untuk memasak merupakan suatu keharusan, kebersihan inipun juga meliputi kitchen sink yang digunakan untuk mencuci peralatan, jangan biarkan kitchen sink menjadi tumpukan sampah sisa makanan, karena selain berpotensi menjadi tempat berkembang bakteri juga membuat penampilan dapur tidak sedap dipandang. Sampah dapur sebaiknya dibuang tiap hari karena selain menimbulkan bau tidak sedap, jamur dan bakteri juga bisa tumbuh disini.

2. Sirkulasi Udara

Apabila pada saat ini dapur anda tidak memiliki sirkulasi udara yang baik , sebaiknya anda pertimbangkan untuk merenovasinya karena ini penting untuk keamanan seluruh anggota keluarga, pada kitchen design yang anda buat pastikan tersedia ventilasi yang sangat dibutuhkan demi kelancaran sirkulasi udara. Ventilasi penting untuk membuang asap serta uap dari hasil proses pengolahan bahan makanan, dengan sirkulasi udara yang baik bisa menghindarkan dari timbulnya bau tak sedap dan bahaya keracunan akibat gas yang keluar dari asap maupun kompor gas. Atau bila tidak memungkinkan untuk membuat ventilasi udara seperti jendela sebaiknya anda menggunakan cooker hood diatas kompor untuk mengalirkan uap dan asap yang berasal dari proses memasak.

3. Pemilihan Bahan

Pada dinding dapur sebaiknya anda pilih yang terbuat dari bahan yang mudah untuk dibersihkan dan tahan terhadap panas seperti misalnya bahan keramik, stainless steel dan silgranit, pastikan bahwa bahan yang digunakan tersebut berkualitas. Hindari menggunakan dinding yang mempunyai tekstur walaupun terlihat indah akan tetapi celah-celahnya bisa menjadi timbunan kotoran yang berasal dari debu dan minyak yang sulit untuk dibersihkan, lantai yang digunakan pun sebaiknya juga yang materialnya tidak licin, karena didapur rentan terhadap percikanminyak dan air.

4. Pencahayaan Yang Baik

Pencahayaan untuk didapur harus baik, selain menggunakan pencahayaan dari lampu, dapur pun juga harus mendapatkan cukup cahaya dari matahari. Pencahayaan alami dari matahari sangat penting untuk membunuh bakteri dan menghindarkan dari binatang seperti tikus dan kecoa. Karena binatang ini sangat senang dengan sudut ruangan yang lembab dan gelap.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: